Kamis, 18 September 2008

FOLDER TEMPAT NGUMPULNYA PROGRAM-PROGRAM APLIKASI

Mei 31, 2007 in Linux


Tidak ada file berekstensi (akhiran) “.exe” untuk program-program aplikasi Linux. Karena file “.exe” hanya bisa dijalankan di Windows, kecuali apabila sistem Linux itu menggunakan program emulator sebagai perantara, semisal Wine atau Cedega. Bila file “.exe” ini diinstall di atas emulator, maka program itu biasanya akan di bawah folder /home/[nama_user]/.wine/

Apabila kita ingin menginstall suatu program aplikasi asli Linux, kita bisa menggunakan beberapa jenis file. Yaitu jenis file terkompresi yang biasanya digunakan oleh source-code (kode-kode sumber), file ini berekstensi “.tar.gz” atau “.tar.bz2″. Atau jenis file terpaket, contohnya file yang berakhiran “.rpm”, “.deb”, dan “.sh”.

Yang jadi pertanyaan, masuk ke direktori/folder manakah file-file yang telah diinstal itu? Kalo di Windows kan ada direktori namanya “Program Files”. Gimana dengan Linux?

Seseorang ber-nickname “tegas” di forum InfoLinux menjelaskan seperti ini:
.

.
“…………… Untuk Program yang dikompile dari Source, biasanya kan masuk ke “/usr/local”

Sedangkan Untuk Program dari RPM,DEB,Loki Installer (ekstensinya kadang kadang .sh), Autopackage, tgz (slackware), BIASANYA akan ada di “Start Menu”, MESKIPUN tergantung Program nya, kalau Program nya adalah Program CLI, tidak akan ada di Start Menu, hanya pada Program Program GUI saja.

Pada Linux, Binary Program akan di taruh di Direktori “bin”, tapi “Path” nya kadang berbeda, contoh:
/usr/bin
/opt/bin
/usr/local/bin
dll

Untuk Library nya, akan di taruh di folder “lib”, tapi “Path” nya kdang berbeda, contoh:
/usr/lib
/opt/lib
/usr/local/lib
dll

Di Linux, program “Binary” adalah semacam file “exe” di Window$, cuman Program binary di linux tidak ada Ekstensinya, kalau di window$ berekstensi “.exe”.

Dan Untuk Library di linux memiliki Ekstensi “.so”, kalau di Window$ berekstensi “.dll”

Semoga membantu. ^_^

Tidak ada komentar: