Kamis, 18 September 2008

FOLDER-FOLDER DI LINUX

Juli 27, 2007 in Linux, Ubuntu Linux


Di bawah ini tulisan yang saya terjemahkan dari seorang kontributor di majalah online Full Circle edisi 1 yang bernama ArsGeek. Tulisan aslinya bisa di-download dari majalah komunitas Ubuntu ini. Ini tautannya: klik.

—————————————————————————-

STRUKTUR DIREKTORI

Salah satu dari masalah-masalah yang paling sering terjadi saat memulai oleh para pengguna pemula Linux adalah di manakah “benda-benda” (file-file--penerj) disimpan. Struktur direktori Linux bisa terlihat aneh saat awalnya, terkhusus bagi para pengguna Windows.

Di bawah ini daftar penjelasan singkat dari direktori-direktori besar dan apa saja kegunaan mereka.

/ (garis miring di depan)
Ini adalah “root-directory”. Sang kapal induk. Sang halaman rumah. Hanya satu dan sang direktori teratas untuk komputer Anda. Semuanya, dan yang saya maksud SEMUANYA berawal dari sini. Ketika Anda mengetik ‘/home’ yang sesungguhnya Anda katakan adalah “mulai dari / dan lalu pergi ke direktori home.”

/root
Ini adalah tempat tinggal root-user. Sang root-user adalah “tuan” dari sistem Anda. Root dapat mengerjakan apa saja, mengatasi dan mencakup penghapusan filesystem Anda. Jadi berhati-hatilah menggunakan root.

/bin
Di sini adalah tempat tinggal program-program “peralatan” linux standar Anda (jenis read/baca)– benda-benda seperti “ls” dan “vi” dan “more”. Secara umum direktori ini adalah termasuk dalam jalur Anda. Yang dimaksudkan di sini adalah jika Anda mengetik ‘ls’, /bin adalah salah satu dari tempat-tempat yang akan dilihat oleh shell (program terminal Anda—
penerj) apabila ‘ls’ mempunyai arti tertentu.

/etc
Di sini adalah tempat tinggal administrasi dan alat-alat konfigurasi sistem. Sebagai contoh, bila Anda menginstalasi samba, dan Anda ingin untuk memodifikasi file-file konfigurasi samba, Anda akan menemukan mereka di dalam /etc/samba .

/dev
Di sini tempat tinggal file-file yang mengendalikan berbagai peripheral (hardware). Bercakap-cakap dengan printer? Komputer Anda melakukannya dari sini. Hal yang sama kepada penggerak disk, peralatan USB, dan peralatan lainnya.

/home
Di sini tempatnya data-data Anda disimpan. File-file konfigurasi yang khusus untuk (account) para user ‘pengguna’, folder-folder Desktop Anda (yang mana membuat desktop Anda menjadi seperti itu), dan data apa pun yang berkaitan dengan (account) user Anda. Masing-masing pengguna akan mempunyai folder /home/nama_user milik mereka masing-masing, terkecuali root-user.

/tmp
Ini adalah folder temporary ’sementara’. Bayangkan hal itu sebagai direktori coretan untuk sistem Linux Anda. File-file yang tidak akan diperlukan oleh program-program, saat mereka digunakan sekali atau dua kali ditaruh di sini. Banyak sistem-sistem Linux mensetting untuk menghapus folder /tmp secara otomatis dengan jeda waktu tertentu, jadi jangan taruh file-file apapun yang ingin Anda jaga di sini.

/usr
Di sini adalah tempat di mana Anda akan menemukan program-program utilitas ekstra yang tidak cocok ditempatkan di bawah /bin atau /etc. Hal-hal seperti permainan, utilitas printer, dan apa saja yang selain itu. /usr terbagi ke dalam kelompok-kelompok seperti /usr/bin untuk program-program, /usr/share untuk data bersama seperti file-file suara or ikon-ikon, /usr/lib untuk kode-kode pustaka (library) yang tidak bisa dijalankan secara langsung tetapi penting untuk menjalankan program-program. Package-manager Anda menjaga benda-benda di dalam /usr untuk Anda.

Ada sedikit direktori lain yang mungkin Anda biasa menemukannya.

/opt
Di sini adalah tempat ditaruhnya “peralatan” opsional. Mencoba Firefox versi beta terbaru? Install-lah benda itu di /opt tempat Anda bisa menghapusnya tanpa mempengaruhi settingan-settingan yang lain. Program-program di dalamnya ini biasanya meninggalkan sebuah folder tunggal yang mengandung semua data mereka, library-library, dan sebagainya.

/usr/local
Ini adalah tempat sebagian besar software yang diinstall secara manual (bukan dengan package-manager Anda). Jalur ini (/usr/local) memiliki struktur yang sama sebagaimana /usr. Itu adalah ide yang bagus untuk membiarkan /usr untuk ditangani dengan package-manager Anda dan menaruh skrip-skrip buatan serta program-program (yang diinstall secara manual—
penerj) ke dalam /usr/local, selama tidak ada yang penting untuk tinggal secara normal di /usr/local.

/media
Beberapa distro menggunakan folder ini untuk mount ‘mengaitkan’ hardware seperti penggerak USB disk, CD, atau DVD dan filesystem lainnya.

Sekarang Anda bisa memutuskan sendiri satu langkah lebih dekat untuk menjadi pengguna Linux yang ahli. Direktori-direktori ini, yang saat awalnya sedikit membingungkan, akan menjadi tabiat Anda yang kedua, setelah sedikit pemakaian.

——————————————————————

Saya menambahkan, Anda bisa membaca pengetahuan tambahan dari halaman situs: InfoLINUX ini. Isinya tentang administrasi sistem. #samosir.wordpress.com

Tidak ada komentar: